Selasa, 16 Oktober 2012

Mau jadi karyawan teladan? ini caranya

Seorang karyawan yang bekerja setiap hari, berangkat pagi-pagi untuk menghindari kemacetan selain itu agar sampai di kantor tidak terlambat dan pulang malam setelah menyelesaikan tugas-tugas kerja harian, tentu ada kalanya ingin menjadi karyawan teladan. Tentu pimpinan suatu perusahaan tidak akan memberikan reward atau hadiah dalam bentuk promosi jabatan atau kenaikan pangkat kepada karyawannya secara cuma-cuma atau gratis. Pasti mereka akan menuntut karyawannya untuk meningkat prestasinya dan dapat memberikan konstribusi yang terbaik untuk tempat bekerjanya.
Tetapi ada kalanya ketika berusaha mencapai kriteria tersebut, ada berbagai halangan dan tantangan yang dapat berakibat fatal sehingga menghancurkan karir yang selama itu dibina (Career Builder). Beberapa point berikut ini yang mungkin berguna untuk menghindari hal tersebut;
- Affair di tempat kerja/kantor
Menjalin hubungan cinta memang tidak salah dan hal itu memang kodrat manusia untuk saling mencintai lawan jenis, tetapi bercinta/affair di tempat kerja/kantor sebaiknya difikirkan dengan matang karena hal ini bisa menjadi kesalahan paling fatal yang dapat mengancam karier seorang karyawan. Sehingga berpikirlah baik-buruknya sebelum Anda menjalin hubungan bersama teman sekantor.
- Pribadi yang tertutup dari lingkungan kantor
Lingkungan kantor merupakan lingkungan anda kedua setelah lingkungan rumah anda dan tidak seharusnya anda mengisolasi diri dari lingkungan kantor jika Anda ingin mencapai karier kerja yang berjaya. Anda harus mampu bergaul dengan semua karyawan tidak memandang posisi karyawan yang lain selain itu agar Anda tidak dianggap sebagai karyawan yang sombong. Mungkin saja dengan pergaulan Anda yang luas ini, Anda akan mendapat tambahan dukungan dari teman-teman Anda untuk mendapatkan promosi jabatan selain kesungguhan Anda berkerja.
- Tidak Mau Bekerja Sama
Didalam team work, perasaan bersaing ada kalanya timbul, tetapi bukan hal yang mudah bagi Anda untuk bersaing dengan karyawan yang lain khususnya dalam satu tim. Meskipun ada rasa berkompetisi dalam kerja, anda jangan sampai mempunyai perasaan sombong dan enggan bekerjasama dengan mereka, walaupun anda merasa lebih mampu. Lebih baik anda bersaing secara sehat dan baik karena hal ini akan menunjukkan siapa yang lebih unggul diantara karyawan-karyawan termasuk Anda.
- Jangan melupakan deadline
Kalau anda ingin menjadi salah satu karyawan teladan di tempat kerja Anda, jangan pernah sekali-kali melupakan deadline kerja. Deadline kerja adalah hal yang sangat penting dalam pekerjaan (silahkan baca management waktu disini), sehingga anda harus menyelesaikannya sebelum batas akhir yang telah ditentukan, jika anda kesulitan mengatur waktu, coba buatlah prioritas dan planning dalam setiap pekerjaan yang akan anda lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;