Selasa, 16 Oktober 2012

Selamat Anda Telah Gagal !

Suatu ketika, seorang mahasiswi pernah berkeluh kesah kepada saya mengenai berbagai kegagalan yang dialaminya saat menyelesaikan tugas kuliah yang saya berikan pada minggu sebelumnya. Dia merasa sangat sedih serta kecewa dengan kegagalannya itu dan merasa putus asa.
Saya menanggapi dengan tersenyum sambil menyodorkan tangan kanan untuk menjabat-tangannya sambil berkata, "Selamat, anda sudah gagal !". Respon saya menanggapi keluhannya sungguh sangat diluar dugaan. Dia spontan terkejut dan hampir tak percaya. "Lho, kok Bapak berkata seperti itu ...?", katanya dengan nada heran dan hampir menangis. Mungkin dia pikir saya mengejek kegagalannya.
Kemudian saya jelaskan kepada mahasiswi tersebut mengenai kegagalan. Selama proses pencapaian impian, mungkin anda harus mengalami berbagai kegagalan atau terhempas pada suatu kondisi yang sangat tidak menyenangkan. Yang perlu anda kuasai untuk menghadapi kegagalan adalah bagaimana anda mengelola kegagalan, yang kita sebut sebagai manajemen kegagalan (failure management).
Kegagalan atau kesuksesan sebenarnya adalah kondisi yang sama, seperti koin mata uang yang sama tetapi dilihat dari sisi yang berbeda. Sisi yang satu berisi angka dan sisi yang lain berisi gambar. Sebagai contoh, saat seorang pemuda ditolak cintanya oleh gadis pujaan hatinya. Pemuda itu boleh menganggap penolakan itu sebagai kegagalan cintanya. Kegagalan itu pasti membuat hatinya sangat sedih dan hancur.
Tetapi pemuda pemuda itu juga boleh menganggap penolakan itu sebagai keberhasilan, yaitu berhasil mengetahui bahwa gadis itu bukanlah jodoh yang tepat baginya. Sehingga dia bisa mencari gadis lain yang lebih baik, yang telah disediakan Tuhan baginya. Pemikiran ini akan membuat hati pemuda tersebut tetap berbahagia, karena memiliki kesempatan untuk menemukan gadis yang lebih tepat untuk menjadi pasangan hidupnya. Gadis yang lebih baik daripada gadis yang telah menolak cintanya tersebut.
Dua pandangan yang berbeda untuk kondisi yang sama, yaitu ditolak cintanya. Pandangan yang pertama (pandangan negatif) menggunakan kegagalan sebagai "batu sandungan"yang membuatnya jatuh terjerembab sehingga menghancurkan hatinya sendiri. Sedangkan pandangan yang kedua (pandangan positif) menggunakan kegagalan sebagai "batu loncatan"untuk mencapai kesuksesan yang lebih tinggi.
Seperti bila kita mendaki puncak gunung demi puncak gunung. Setelah mencapai satu puncak gunung, kita akan dapat melihat gunung lain yang lebih tinggi. Untuk mencapai puncak gunung yang lebih tinggi tersebut, kita harus terlebih dahulu turun ke lereng gunung. Bahkan mungkin kita harus turun ke lembah dan jurang yang dalam, sebelum kita dapat mulai mendaki menuju puncak gunung yang lebih tinggi.
Mungkin suatu hari anda terjebak dalam situasi yang paling buruk yang pernah terjadi dalam hidup anda. Anda mungkin merasa sudah berada di "dasar jurang terdalam" dari kesengsaraan anda. Kalau memang anda telah berada di dasar jurang terdalam, kabar baiknya adalah tidak ada lagi tempat yang lebih dalam. Berikutnya hanya ada satu jalan, kalau tidak sama datarnya pasti menuju ke tempat yang lebih tinggi.
Berarti tidak akan ada lagi kondisi yang lebih menyengsarakan daripada yang anda sedang alami saat ini. Esok hari pasti lebih baik. Jadi, berjuang dan bertahanlah. Berusaha terus untuk dapat keluar dari kondisi malang tersebut.
Dalam keadaan kalut, tertekan, kecewa, marah, sakit hati, stress, depresi, anda akan mengalami banyak godaan untuk bersikap destruktif atau menghancurkan. Sebagai pelampiasan kekecewaan, mungkin saja anda terdorong untuk menghancurkan diri anda sendiri atau orang lain disekitar anda. Tetapi anda harus tetap mempertahankan pikiran yang positif. Memang ini adalah proses yang harus anda alami untuk meningkat kepada puncak gunung kesuksesan yang lebih tinggi.
Jangan sampai anda terbujuk bisikan setan "Minumlah bayxxx chayank...", seperti plesetan iklan salah satu obat nyamuk cair terkenal. Di media massa, sempat saya membaca beberapa kisah mengenai orang-orang yang sangat menderita menjelang ajal karenasesaat terbujuk bisikan setan ini. Menyesal pun tidak ada gunanya lagi, jika sudah terlanjur terjadi.
Anda juga jangan pernah mencoba belajar menjadi Superman, terjun bebasmeloncat dari lantai atas gedung tinggi. Kalau anda mau menjadi seperti Superman, biasakan dulu gaya busana sehari-hari Superman. Superman selalu pakai celana kolor (celana dalam) di luar, bukannya di dalam.
"Ya, iyalah", tukas seorang teman, "Kalau pakai celana kolor di dalam sih namanyaSuparman, bukannya Superman".
Jangan pula sekali-kali mencoba bermain ayunan dengan tali yang menjerat leher anda. Bermain ayunan dengan cara ini bisa dipastikan tidak akan dapat menghibur kesedihan anda. Paling banter anda akan menjadi tontonan warga, menjadi konsumsi berita di media massa dan menakut-nakuti anak kecil.
Semua cara yang pernah dicoba beberapa orang itu tidak akan membuat anda berhasil mengatasi kegagalan. Paling banter hanya berhasil menambah satu orang lagi pengikut setan, yaitu anda ! "Jangan bikin neraka tambah penuh", kata teman saya, yang sering merasa khawatir akan masuk ke neraka kalau meninggal dunia nanti.
Sekacau apa pun keadaan anda saat ini, tenangkan pikiran anda dan bersyukurlah kepada Tuhan. Masih banyak orang yang bernasib jauh lebih malang dari pada anda. Kalau anda masih bisa bernafas dan masih bisa bergerak, sementara banyak orang di rumah sakit tergeletak tak berdaya. Bahkan untuk bernafas pun harus dibantu peralatan khusus. Anda masih memiliki banyak keberuntungan dan anugerah dari Tuhan yang mengasihi anda.
Anda bisa mencari teman sejati untuk berbagi perasaan kecewa anda. Kalau tidak bisa menemukan teman yang bisa diajak berbagi (curhat), anda bisa mencari lembaga-lembaga konseling. Atau anda meminta referensi teman untuk diperkenalkan pada orang-orang yang dapat membantu anda.
Saya teringat pada sebuah lagu yang sering saya nyanyikan sewaktu masih kecil dulu. Liriknya adalah sebagai berikut :
" Hati yang gembira...a...a.... adalah Obat... Seperti obat, hati yang senang...Tapi semangat yang padam, keringkan tulang...Hati yang gembira.... Tuhan senang..."
Di kala saya merasa sedih atau kecewa, saya sering menyanyikan lagu ini saat kecil dulu. Sambil bernyanyi, saya meresapi kata demi kata dalam lagu itu dengan keluguan. Hati saya menjadi terhibur, dan berangsur merasakan bahagia kembali ditengah berbagai penderitaan yang sedang saya alami waktu itu. Pada masa kecil, saya memang banyak mengalami kekecewaan, sakit hati, dan penderitaan. Tidak seperti yang dialami oleh anak-anak kecil sebaya saya pada umumnya.
Hati yang gembira adalah obat. Banyak testimoni orang sembuh dari berbagai penyakit karena hati yang selalu gembira. Dan banyak juga orang yang mengalami penyakit parah (kanker) karena kesedihan hatinya yang berlarut-larut. Jadi sumbernya adalah hati. Seperti lirik lagu salah seorang Kyai kondang di tanah air, "Jagalah hati, jangan kau nodai. Jagalah hati, lentera hidup ini..."
Bagaimana cara menjaga perasaan hati ? Perasaan hati dipengaruhi oleh pikiran. Pikiran negatif akan membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Sebaliknya pikiran positif akan membuat perasaan nyaman dan bahagia. Jadi, jagalah pikiran anda supaya tetap positif supaya perasaan hati anda terjaga tetap tenang dan merasa bahagia. (Victor Asih)
Penulis dapat dihubungi di victorasih@yahoo.co.id atau www.usbschool.com (bagi yang ingin sekolah bisnis gratis)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;