Didalam dunia kerja
khususnya yang berhubungan dengan klien atau sebagai freelancer,
seperti halnya ketika berpacaran, klien atau rekan bisnis juga perlu
selalu didekati atau di manja. Sehingga hubungan kedua belah pihak tetap
terjaga dan ‘mesra’ karena kedua pihak harus dan wajib mendapatkan
kebaikan atau keuntungan yang berimbang.
Satu pihak mendapat
pembayaran yang sesuai dan klien juga mendapatkan hasil pekerjaan yang
diinginkan. Selain itu, ketika kedua pihak merasa puas tentu diharapkan proyek-proyek lainnya akan datang.
Berikut ini beberapa tips agar klien tetap setia kepada kita:
Gali dan cari informasi sebanyak mungkin bahkan hal-hal yang kecil berkaitan dengan proyek yang dikerjakan. Hal ini sangat penting
dilakukan agar kita terhindar dari kesalahan yang kecil atau bahkan
yang fatal. Kesalahan karena kurangnya informasi ini biasanya akan
timbul ketika proyek akan selesai atau mendekati tenggat waktu.
Selain
itu, kepedulian kita dengan hal-hal yang detil atas kebutuhan klien
merupakan tanda bahwa kita sangat perhatian dan tertarik dengan proyek
itu sehingga klien dapat menyakinkan bagaimana perhatian penuh kita
terhadap proyek.
2. All-in-One, serba bisa
Ada
kalanya klien lebih menyukai kita dapat melakukan beberapa hal yang
lain. Selain itu kita harus memiliki kemampuan ‘serba bisa’ tersebut
sehingga dapat mendukung kesuksesan proyek.
Tetapi perlu di perhatian batasan kemampuan kita karena hal ini dapat
mempengaruhi juga tengat waktu penyelesaian proyek karena keterbatasan
‘ilmu’ yang ada pada kita.
3. Tanggapan yang cepat
Service
atau pelayanan terhadap klien juga merupakan hal yang mutlak di
perlukan. Antara lain dengan memberikan respon atau tanggapan yang
cepat, seperti menjawab e-mail, telepon, sms, atau bbm dari klien
tentang permasalahan di proyek atau ada kemungkinan proyek yang lain.
Sehingga klien merasa bahwa kita selalu sedia untuk mereka dan perhatian penuh terhadap proyek.
4. Selesai Sesuai Waktu
Setelah
mendapatkan informasi detail termasuk kebutuhan klien, perhitungkan
juga waktu yang di perlukan untuk menyelesaikan proyek. Hindari klien
merasa kecewa karena kita tidak menyelesaikan proyek sesuai tepat waktu
yang telah ditentukan.
Sesuai kemampuan kerja dan jadual kita
ketika menyusun timeline proyek, apalagi ketika kita sedang
menyelesaikan proyek yang lain. Jika tenggat waktu tidak memungkinkan
bagi kita, cobalah untuk memberi alasan yang kuat karena kita
menyelesaikan proyek agar mendapatkan hasil akhir yang memuaskan bagi
kedua pihak.
Hindari untuk menunda pekerjaan karena semakin cepat
kita menyelesaikan proyek, kita masih ada waktu untuk memperbaiki jika
ada kekurangan. Selain itu melaporkan perkembangan proyek kepada klien
dapat membuat klien merasa dekat.
5. Membangun dan menjaga hubungan baik
Memperlakukan klien atau rekan bisnis kita sebagai teman sendiri. Sehingga dengan sentuhan personal,
kita dapat mengenal klien secara pribadi dan ingatlah hal-hal penting
tentang mereka seperti tanggal ulang tahun mereka, makanan favorit,
aktifitas dan makanan kegemaran, dan sebagainya. Jangan lupa kirimkan
ucapan selamat di moment penting mereka melalui sms atau email.
6. Kita selalu ada untuk dia
Berkaitan
dengan point ketiga dan kelima khususnya, sebaiknya memberikan
messenger id kita (YM, SKYPE, MSN, GTLAK), email atau no handphone kita
jika tidak online. Jika kita ingin di anggap lebih profesional,
sebaiknya beri akses klien ke proyek managemen online (seperti
activecolabs, atau sejenisnya)
Itulah beberapa tip agar klien
tetap setia, mungkin rekan-rekan mempunya tips atau saran yang lain,
silahkan menambahkannya di kolom komen dibawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar