Selasa, 16 Oktober 2012

Meningkatkan Kualitas Diri

Dalam tulisan yang lainnya, sudah banyak dibicarakan mengenai sikap mencapai kesuksesan serta bagimana berhubungan dengan orang lain. Berikut ini ada beberapa point penting untuk meningkatkan kualitas diri dengan sikap-sikap dan pemikiran positif agar dapat mencapai kesuksesan.
1. Selalu Ingin Belajar
Setiap kejadian atau peristiwa didalam hidup kita dapat memberi peluang bagi kita untuk belajar sesuatu. Kejadian/peristiwa yang menyenangkan atau menyedihkan ada sesuatu yang bisa kita pelajari sehingga hal ini dapat meningkatkan/menambah pengalaman untuk menjalani kualitas kehidupan yang lebih baik di masa depan.
2. Hadapi segala tantangan hidup tanpa minum-minuman beralkohol, narkotika, dan hal-hal yang melanggar tata susila
Hadapi segala tantangan hidup dengan pikiran positif dan semakin tingkatkan kualitas diri dari tantangan hidup.

3. Biasakan untuk bercakap dengan diri sendiri secara positif

Kita seringkali sibuk membicarakan tentang orang lain sehingga kita lupa membicarakan diri sendiri. Pembicaraan itu bukan tentang keluh kesah diri sendiri, tetapi hal yang berkaitan dengan perbuatan positif. Berilah semangat pada diri sendiri, ajak diri sendiri mencapai kesuksesan. Anggap segala hal yang negatif sebagai tantangan sementara yang dapat kita atasi untuk mencapai kesuksesan.
4. Selalu menjaga kesehatan diri
Sering karena sibuk mencapai kesuksesan hingga melupakan ‘barang’ berharga milik kita, yaitu badan kita. Sayangilah diri sendiri dengan memastikan kesehatan dan kebugaran tetap terjaga.
5. Senantiasa menimba ilmu
Ilmu adalah kekuatan, dengan selalu menambahkan ilmu dalam diri kita, kesuksesan akan lebih mudah. Sikap rajin membaca dan ingin tahu akan membantu kita menimba ilmu yang banyak.
6. Tulis apa saja yang ingin dicapai dan letakkan di tempat tertentu
Hal ini untuk mengingatkan diri kita secara positive untuk mencapai tujuan yang kita harapkan. Setiap kita membaca catatan tersebut, akan terekam dalam pikiran kita dan otak akan berfikir untuk mencapai tujuan itu.
7. Biasakan diri mendengar dan menonton acara yang dapat membawa perasaan tenang
Menonton film yang ceria dan mendengar musik yang enak didengar akan dapat membantu diri untuk istirahat sambil mempersiapkan apa yang akan dilakukan nantinya untuk mencapai kesuksesan. Menonton cerita-cerita seram atau menakutkan, cerita-ceria yang sedih, lagu-lagu yang sedih secara berlebihan akan dapat membawa pemikiran ke arah yang membatasi diri sendiri.
8. Biasakan untuk memuji dan hindari merendahkan orang lain
Senantiasa bersikap baik dengan orang lain serta pada diri sendiri. Hindari mengkritik orang secara negatif karena hal ini dapat menjadi pemikiran yang negatif. Pujilah dan hargai orang lain, berilah pandangan yang positif dengan cara yang positif pula. Mengutarakan kelemahan atau kesalahan seseorang dengan cara yang halus dan hati-hati akan dapat diterimanya dengan hati terbuka dan berterima kasih.
9. Terima pujian dari orang lain dengan ucapan terima kasih
Hindarkan dari perasaan terlalu merendahkan diri karena sikap ini dapat menjadi negatif. Menerima pujian dengan mengucapankan terima kasih merupakan satu langkah menjauhkan orang lain yang memberi pujian kepada kita secara sinis untuk tujuan negatif. Serta terimalah pujian dari orang lain dengan positif dan hindari pula bersikap angkuh/sombong serta merendahkan diri orang yang memuji kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;